- Analisa pasar dan manajemen, solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya : menembak target pasar, melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu, Cross-Market analysis, profil customer, identifikasi kebutuhan customer, menilai loyalitas customer, informasi summary.
- Analisa perusahaan dan manajemen resiko, solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya : perencanaan keuangan, dan evaluasi aset, perencanaan sumber daya ( Resource Planning ), persaingan ( Competition ).
- Telekomunikasi, sebuah perusahaan telekomunikasi menerapkan data mining untuk melihat dari jutaan transaksi yang masuk, transaksi mana sajakah yang masih harus ditangani secara manual.
- Keuangan, Financial Crimes Enforcement Network di Amerika Serikat baru-baru ini menggunakan data mining untuk menambang triliyunan dari berbagai subyek seperti properti, rekening bank, dan transaksi keuangan lainnya untuk mendeteksi transaksi-transaksi keuangan yang mencurigakan (seperti money laundry).
- Asuransi, Australian Health Insurance Commision menggunakan data mining untuk mengidentifikasi layanan kesehatan yang sebenarnya tidak perlu tetapi tetap dilakukan oleh peserta asuransi.
- Olahraga, IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA ( jumlah scout blocked, assists dan fouls) dalam rangka mencapai keungguluan bersaing untuk tim New York Knikcs.
Penggunaan data mining dalam bidang kesehatan : Sekarang ini sistem informasi rumah sakit mulai menerapkan sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung manajemen keuangan khususnya dipakai untuk billing systems (sistem pembayaran)
Penggunaan data mining dalam bidang perkantoran : Sebagai alat absen sidik jari (finger print)
Penggunaan data mining dalam bidang olahraga : Sebagai sensor atau alat untuk mencatat jumlah statistik pada statistik sepak bola, basket, tenis, voli, dll.
Penggunaan data mining dalam bidang telekomunikasi : Sebagai sarana statistik untuk mencatat kepadataan jumlah penelpon di jam tertentu ( jam sibuk / bukan) sehingga operator dapat memberikan tarif tertentu bagi pelanggan.