PENERAPAN DATA MINING DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  1. Analisa pasar dan manajemen, solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya : menembak target pasar, melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu, Cross-Market analysis, profil customer, identifikasi kebutuhan customer, menilai loyalitas customer, informasi summary.
  2. Analisa perusahaan dan manajemen resiko, solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya : perencanaan keuangan, dan evaluasi aset, perencanaan sumber daya ( Resource Planning ), persaingan ( Competition ).
  3. Telekomunikasi, sebuah perusahaan telekomunikasi menerapkan data mining untuk melihat dari jutaan transaksi yang masuk, transaksi mana sajakah yang masih harus ditangani secara manual.
  4. Keuangan, Financial Crimes Enforcement Network di Amerika Serikat baru-baru ini menggunakan data mining untuk menambang triliyunan dari berbagai subyek seperti properti, rekening bank, dan transaksi keuangan lainnya untuk mendeteksi transaksi-transaksi keuangan yang mencurigakan (seperti money laundry).
  5. Asuransi, Australian Health Insurance Commision menggunakan data mining untuk mengidentifikasi layanan kesehatan yang sebenarnya tidak perlu tetapi tetap dilakukan oleh peserta asuransi.
  6. Olahraga, IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA ( jumlah scout blocked, assists dan fouls) dalam rangka mencapai keungguluan bersaing untuk tim New York Knikcs.

Penggunaan data mining dalam bidang kesehatan : Sekarang ini sistem informasi rumah sakit mulai menerapkan sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung manajemen keuangan khususnya dipakai untuk billing systems (sistem pembayaran)

Penggunaan data mining dalam bidang perkantoran : Sebagai alat absen sidik jari (finger print)

Penggunaan data mining dalam bidang olahraga : Sebagai sensor atau alat untuk mencatat jumlah statistik pada statistik sepak bola, basket, tenis, voli, dll.

Penggunaan data mining dalam bidang telekomunikasi : Sebagai sarana statistik untuk mencatat kepadataan jumlah penelpon di jam tertentu ( jam sibuk / bukan) sehingga operator dapat memberikan tarif tertentu bagi pelanggan.

Tinggalkan komentar